Aladzkar

Acara Puncak Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMA Al-Adzkar

Dalam rangka pelaksanaan Acara Puncak Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), para santri kelas X Pesantren Al-Adzkar mengadakan Pameran dan Bazaar. Acara tersebut dilangsungkan pada hari Senin, 20 Mei 2024 atau 12 Dzulqa’dah 1445 H untuk santri putri dan pada hari Selasa, 21 Mei 2024 atau 15 Dzulqa’dah 1445 H untuk santri putra. Para santri di tiap kelas masing-masing terbagi menjadi tiga kelompok yang menawarkan beragam jenis barang berdasarkan tema yang telah ditentukan. Pelaksanaan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sendiri sudah berlangsung dari awal Tahun Pelajaran 2023/2024, dengan rangkaian acara dimulai dari Pembuatan Proposal dan Presentasi Kelompok berdasarkan tema yang telah ditentukan, lalu dilanjut dengan Bazaar Karya yang telah dihasilkan baik berupa karya daur ulang plastik maupun makanan dan minuman yang berbahan dasar tanaman hidroponik yang telah dihasilkan.

Tema yang ditentukan sendiri terdiri dari tiga Tema yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan, Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI, serta Kewirausahaan. Tiap tema juga memiliki kegiatan yang berbeda-beda, dalam Gaya Hidup Berkelanjutan para santri membuat karya seni dari bahan plastik daur ulang. Untuk tema Berekayasa dan Berteknologi, para santi bercocok tanam dengan metode Hidroponik. Dan dalam tema Kewirausahaan, para santri membuat media promosi untuk pemasaran hasil karya seni dari dua tema sebelumnya dalam bentuk makanan dan minuman, yang kemudian dipasarkan pada acara puncak Pameran dan Bazaar. 

Acara tersebut terbilang cukup sukses dilaksanakan dan mendapat beberapa reaksi positif dari para guru maupun santri. Seperti tanggapan dari Kepala Sekolah SMA Al-Adzkar Miss Lily Nabilah MA., yang mengatakan “Para santri terlihat antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan P5. Kreatifitas berpikirnya bisa lebih terasah dan mampu menciptakan inovasi2 yang bagus.” Ucap beliau. Miss Lily juga berpesan bahwa “Santri harus lebih kreatif, mandiri dan percaya diri akan kemampuan yang dimiliki dengan banyak membaca dan mencari sumber-sumber informasi lainnya, agar kegiatan seperti ini bisa lebih berkualitas dan bermanfaat di masa yang akan datang.”

ayyasy muhammad

Add comment

Kontak Kami